Tips Menghadapi Zaman Fitnah Sekarang Ini



Tips Menghadapi Zaman Fitnah Sekarang Ini



Kita harus tahu bahwa zaman sekarang ini sudah banyak fitnah dan maksiat bertebaran dimana-mana. Yang salah dibenarkan dan yang benar disalahkan. Makanya para SALAFUS SALIH mengingatkan bahwa zaman setelah mereka tidak akan lebih baik dari sebelumnya, bahkan akan lebih parah dan pahit.
      
Zaman buruk itu, sebagaimana disebutkan oleh Yusuf bin Atsbat, ”Saya mendengar Imam Sufyan Ats Tsauri berkata, ”Demi Allah yang tiaada Tuhan selain-Nya, bahwa zaman sekarang ini, sudah masanya untuk ‘UZLAH (mengasingkan diri)”.
      
Itu artinya jika zaman Sufyan Ats Tsauri saja sudah masa ‘uzlah, apalagi zaman sekarang ini, bahkan bisa menjadi wajib. Sayyidina Umar bin Khattab r.a berpendapat bahwa ‘uzlah adalah mengasingkan diri dari pergaulan buruk.

Seperti yang dikatakan syair berikut ini:
“inilah zaman yang sejak dulu kita takuti, sebagaimana diterangkan dalam pernyataan Ka’ab dan Ibnu Mas’ud, Yaitu zaman dimana segala kebenaran ditolak nya, sedangkan kezaliman dan kejahatan mendapat sambutan.
Zaman buta-tuli yang sarat dengan kekeliruan, serta iblis naik turun. Jika keadaan tetap seperti ini, dan tidak ada perubahan, niscaya tidak ada manyat yang ditangisi dan tidak ada kelahiran bayi yang disambut gembira”.
      
Pernah Sufyan bin Uyainah berkata kepada Ats Tsauri, ”Berilah saya wasiat” Jawab Ats Tsauri, ”Kurangi pergaulan mu dengan orang lain” Sufyan bin Uyainah berujar, Bukankah telah diterangkan dalam hadis agar kita memperbanyak perkenalan ? Jawab Ats Tsauri, ”Ya, tetapi engkau tidak akan menemukan kekecewaan kecuali dari orang yang engkau kenal”. Sufyan bin Uyainah berkata, ”HAL ITU AKU BENARKAN.”
      
Setelah Ats Tsauri wafat, beberapa tahun kemudian Sufyan bin Uyainah melihatnya dalam mimpi, dan sekali lagi dia minta wasiat kepadanya.
      
Beliau menjawab, ”Kurangilah sebisa mungkin berkenalan dengan orang-orang, sebab melepaskan diri dari gangguan mereka sangatlah sukar.”


(  Sumber : Terjemah kitab Minhajul ‘Abidin )



Facebook Comments

0 comments



Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *