Penghalang Ibadah Dan Tips Mengatasinya







Dalam melakukan ibadat, memang sulit menjalankannya. Akan tetapi niat untuk melakukan ibadat itu ternyata terganggu oleh pikirannya “Bagaimana aku beribadat, sedangkan aku berbuat dosa ? Mengapa aku beribadat sambil durhaka ? ” ketahuilah, itulah sebenarnya pikiran syetan telah merasuki  jiwa.
      
Sebenarnya selain pikiran syetan diatas, ada  4 unsur lain penghalang kita dalam beribadah kepada Allah swt, yaitu:
1. Dunia
2. Manusia
3. Setan,dan
4. Hawa nafsu
    
Dalam hal ini seseorang harus berhadapan dengan tahapan berikutnya, yakni tahapan godaan. Untuk melewati tahapan ini seseorang harus menempuh empat cara:
1. membulatkan tekad hingga kesenangan dunia tidak mampu menggoyahkan tekadnya.
2. selalu waspada agar tidak tersesat oleh godaan orang lain.
3. memerangi setan serta segala tipu dayanya.
4. Mampu mengendalikan hawa nafsu.
      
Dari keempat hal diatas, mengendalikan dan memerangi hawa nafsu adalah paling sukar. Sebab kita tidak dapat mengikisnya sampai habis, hingga terpisah dari nafsu. Karena nafsu juga ada manfaatnya, selama nafsu tersebut tidak mengalahkan dan mengendalikan pikiran kita. Menuruti hawa nafsu akan membuat kita lupa kepada Allah. Untuk itu diperlukan alat untuk mengendalikan hawa nafsu, yakni TAKWA.
    
Setelah seseorang mampu menaklukkan godaan-godaan yang sifatnya tetap seperti diatas, maka akan timbul godaan-godaan yang sifatnya tidak tetap. Godaan itu terkadang muncul, tapi suatu saat ia lenyap. Hal itu membuat hati bimbang dalam mencapai tujuan beribadah.
      
Godaan yang sifatnya tidak tetap itu ada 4 macam:
1. Rezeki
2. Bahaya-bahaya
3. Kesulitan dan kesedihan
4. Macam-macam takdir

Semoga kita semua dapat mengendalikan semua penghalang-penghalang tersebut agar kita mendapatkan kenikmatan dalam beribadah kepada Allah swt. Amiiinn. 


( Sumber : Terjemah kitab Minhajul ‘Abidin )

Facebook Comments

0 comments



Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *